Sejarah Desa

01 Februari 2017 02:18:39 WIB

Sejarah Desa Ngepeh

Dari berbagai sumber yang telah ditelusuri dan digali awal mula terbentuknya Desa NGEPEH adalah sekitar pertengahan abad 18 terutama pasca perang Diponegoro,yaitu perang besar di tanah Jawa antara bangsawan kesultanan Mataram beserta para pengikutnya melawan penjajah Belanda, yang mana Pangeran Diponegoro telah diakalahkan oleh Belanda dengan kelicikannya, sehingga banyak pengikut setia Pangeran Diponegoro yang melarikan diri keluar Daerah Mataram guna mencari tempat yang aman untuk bersembunyi dan menyusun kekuatan kembali atau mengobarkan semangat anti penjajah di Daerah lain.

 

Konon salah satu pengikut setia Pangeran Diponegoro yang dikenal dengan sebutan Mbah Taruno melarikan diri sampai di Desa NGEPEH yang dahulu masih berupa hutan belantara.Mbah Taruno kemudian merubah hutan belantara tersebut menjadi pemukiman dan mencetak sawah guna menunjang kehidupannya dengan dibantu oleh para pengikut setianya. Untuk mengairi persawahan Mbah Taruno membuat bendungan yang dahulu kala dikenal dengan sebutan PEH. Akhirnya Daerah sekitar bendungan atau PEH tersebut dikenal orang dengan sebutan NGEPEH. Seiring dengan perkembangan jaman maka banyak sekali para pendatang yang datang dan ingin menetap di Desa Ngepeh. Lama kelamaan akhirnya Desa Ngepeh berubah menjadi Desa yang ramai dan dikenal banyak orang. Guna  menunjang perekonomian Desa dan untuk mempermudah masyarakatnya bertukar barang atau hasil bumi, di Desa Ngepeh juga dibangun sebuah pasar. Dalam sejarahnya pasar tersebut telah berpindah-pindah tempat sampai beberapa kali hingga pada akhirnya menetap di Dusun Gerbo.

 

Demikianlah sekelumit cerita tentang Desa Ngepeh yang sampai saat ini dipercaya sebagai awal dari terbentuknya Desa Ngepeh.

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi NGEPEH

tampilkan dalam peta lebih besar